ini aku :)

ini aku :)

Rabu, 24 Juli 2013

Cooking Time !!

hai,hai.. malam ini gue mau bagi resep makanan yang tadi gue masak buat kalian semua.. jadi ceritanya kan tadi gue udah mulai puasa lagi nih, jadi pas mau buka puasa gue bingung mau makan apa.. soalnya nyokap masak sayurnya yang bersantan, gue rada kuang suka gitu deh sama yang ada santan2nya.. terus mikir2, masak apa yah enaknya.. gue liat ada tempe tuh yang lagi nganggur, wah muncul ide nih.. pengen bikin steak tempe, soalnya kemaren pas ngubek2 resep masakan di google muncul nih gambar steak tempe lumayan bikin ngiler gue netes2 :P pas liat resepnya juga ga susah2 amat.. ya udah, tadi langsung gue putusin buat masak steak tempe aja, mikir2 lagi temen makanx apa yaa?? gue lagi males makan nasi, biasanya kalo steak temenx kentang goreng yah.. cuma kayaknya terlalu banyak kalorix deh,, mikir2 lagi jadi keinget waktu nonton master chef ada yang buat mashed potato, wah jadi pengen nyoba bikin.. langsung deh gue bersilaturahim lagi sama si om google buat nyari resepnya.. setelah dapet resep, gue belanja2 bahan dulu.. habis belanja bahan, eh ga taunya udah bedug magrib.. batalin puasa dulu, terus lanjut masaknya.. ini dia nih resep masakan ala2 esli...
steak tempe with brown saos tiram and mashed potato
cara buat steak: campurkan tempe 200g (dikukus dan dihaluskan), sosis ayam/daging ayam/daging/sapi (dihaluskan), bawang putih 2 siung (cincang kasar), tepung roti 50g, lada 1 sdt, garam secukupnya, dan 1 butir telur.. aduk sampe rata, kemudian bentuk bulat pipih, padatkan. lalu gril atau di goreng dengan sedikit minyak atau margarin sampai matang.. cara buat brown saos tiram: tumis 2 siung bawang putih yang di haluskan, masukkan 1/2 sdm saos tiram,3 sdm saos tomat, 1 sdm kecap manis, 1 sdt lada, dan terakhir masukkan tepung maisena yang sudah ditambahkan air. masak sampai mendidih dan agak kental. cara buat mashed potato: rebus kentang dan haluskan, taruh di wadah dan sisihkan dulu. kemudan rebus susu cair, tambahkan lada, garam, dan bubuk pala secukupnya.. setelah mendidih tuangkan kentang yang sudah dihaluskan tadi, masak sambil diaduk terus sampai air susunya meresap ke dalam kentang.. untuk sayuranx gue pake wortel sama buncis yang dipotong memanjang kayak batang macis, sayuranx di tumis dengan bawang merah dan putih, terus ditambahkan dengan lada dan garam secukupnya. masaknya jgn terlalu lama ya,, nah, setelah semua mateng.. mulai deh di atur diatas pirig, berhubung gue ini ga punya bakat seni sedikitpun, makanx daya imajanasi gue cetek banget.. jadi deh hasil plating gue ancur kayak gambar diatas,, hehehe :P soal rasa sih, gue lumayan suka.. cuma harus terus belajar lagi, supaya hasilnya sempurna :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar